Artikel
Judul : PEMANFAATAN METODE TOPSIS UNTUK MENENTUKAN PEMAIN INTI BOLA BASKET UIN SGD BANDUNG
Abstrak : FABBIS adalah organisasi yang mengelola Tim Bola Basket Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung sehingga FABBIS mempunyai kewajiban untuk mengembangkan, menggunakan dan memelihara pemain bola basket dalam kualitas dan kuantitas yang tidak banyak berubah. Berdasarkan hasil analisa yang dilakukan pada organisasi FABBIS, penyeleksian pemain dan pemilihan penempatan posisi pemain yang ideal untuk masuk menjadi tim inti masih dilakukan oleh pelatih secara manual. Kendala yang masih dialami biasanya pelatih belum bisa menilai pemain secara objektif. Proses pengambilan keputusan di dalam menentukan peran pemain masih mengandalkan insting pelatih saja. Dari latar belakang tersebut penulis mengambil rumusan masalah bagaimana membangun sistem pendukung keputusan untuk menentukan pemain yang layak secara objektif untuk masuk menjadi pemain inti berbasis Android. Metode yang digunakan dalam aplikasi ini yaitu dengan Metode Technique of Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS). Metode TOPSIS ini dipilih karena mampu menyeleksi alternatif terbaik dari sejumlah alternatif, dalam hal ini alternatif yang dimaksudkan yaitu data setiap pemain yang akan mengikuti seleksi pemilihan pemain tim inti disimpan pada sebuah basis data. Data tersebut berupa kriteria-kriteria penilaian yang telah disebutkan sebelumnya. Dari data ini akan diproses melalui sistem pendukung keputusan menggunakan algoritma TOPSIS dan akan menghasilkan nilai setiap pemain. Sistem akan mengurutkan pemain yang memiliki nilai dari yang tertinggi hingga yang terendah. Urutan pemain ini akan membantu pelatih untuk memilih siapa pemain yang masuk kedalam tim inti.
Penulis : Trifan Ghani Nugraha, S.T.
Keyword : FABBIS, Sistem Pendukung Keputusan, Android, TOPSIS
Referensi : [1] Ambler, Vic. (1982) Petunjuk untuk Para Pelatih dan Permainan Bola Basket. Bandung: Pionir [2] Vic Amber. 2016. “Petunjuk untuk Pelatih dan Pemain BOLA BASKET”. Pionir Jaya [3] Serkan Ball dan Serdar Korukoglu (2012), Pengembangan Kerangka Kerja Pendukung Keputusan Fuzzy untuk Masalah Keputusan Multi-atribut yang Kompleks: Sebuah Studi Kasus untuk Pemilihan Pemain Basket yang Terampil, [4] Mohamed Abdelkrim Senouci , Sajid Mushtaq , Said Hoceini , Abdelhamid Mellouk (2016), Pendekatan Dinamis Berbasis TOPSIS untuk Pemilihan Antarmuka Jaringan Seluler [5] Kuei-LunChang, Sen-KueiLiao, Tzeng-WeiTseng, Chi-YiLiao (2015), ANP Berbasis TOPSIS untuk Pemilihan Lokasi Apartemen Layanan Taiwan, Taiwan [6] Kambiz Shahroudi S.Maryam Shafaei Tonekaboni Azad University Islam, Iran (2009), APPLICATION OF TOPSIS METHOD TO SUPPLIER SELECTION IN IRAN AUTO SUPPLY CHAIN [7] Kusumadewi, S. et al. 2006. Fuzzy Multi-Attribute Decision Making (FUZZY MADM). Graha Ilmu. Yogyakarta. [8] Ahmadi, Nuril. (2007). Panduan Olahraga Bola Basket. Solo: Era Pustaka Utama [9] Dedy Sumiyarsono.(2002). Keterampilan Bolabasket. Yogyakarta: FIK UNY [10] PB. PERBASI (2004c). Buku Peraturan Resmi Boa Basket 2004, Jakarta. PB. PERBASI 2004 [11] Olson D. L. 2004. “Comparison of Weights in TOPSIS Models”. Mathematical and Computer Modelling. 40, 721-727. [12] Suryandini Afrian, dan Indriyati. 2015. “Sistem Pendukung Keputusan untuk Penentuan Minat Peserta Didik di SMA Menggunakan Metode TOPSIS”. Jurnal Masyarakat Informatika. 6, 11. [13] H. W. P. Prabowo, Menggunakan UML. Bandung: INFORMATIKA. [14] S. Dharwiyanti and R. S. Wahono, “Pengantar Unified Modeling LAnguage (UML),” IlmuKomputer.com, pp. 1–13, 2003. [15] N. Safaat, Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung: INFORMATIKA, 2012. [16] Fatharnsyah, Basis Data. Bandung: INFORMATIKA, 2012. [17] P. Roger S.Pressman, Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta: ANDI Yogyakarta, 2012. [18] http://e-learning-teknologi.blogspot.com/2012/12/metode-prototype.html
File :